Wisata Alam Kelabba Maja

Nusa Tenggara Timur punya destinasi cantik mirip Painted Hills di Oregon dan gunung Pelangi di Zhangye Danxia, Tiongkok bernama Kelabba Maja.

Kelabba Maja dijaga oleh para warga setempat yang bernama Efer Weue, daerah ini mempunyai keunikannya tersendiri karena perpaduan dari wisata alam, petualangan dan budaya dari agama kepercayaan warga setempat.

Kelabba Maja memiliki daerah berupa perbukitan yang berupa tebing-tebing seperti tabung yang memiliki corak yang khusus dan unik.

Bukit-bukit dengan tebing tak teratur ini terlihat seperti disapu dengan kuas raksasa dengan berbagai macam varian warna seperti putih, cokelat, biru dan merah.

Tidak hanya memiliki ‘bukit pelangi’ Kelabba Maja juga mempunyai beberapa batu ‘keseimbangan’ yang dberdiri kokoh di ujung tebing yang meruncing.

Batu keseimbangan ini dianggap sebagai lambang dari ayah, ibu dan anak.

Bukit warna-warni Kelabba Madja di Pulau Sabu, Nusa Tenggara Timur Instagram/riabas187

 

Para penduduk Desa Gelanalalu percaya bahwa Kelabba Maja adalah tanah yang menjadi tempat berdiamnya para dewa yang bernama dewa Maja.

Di kawasan Kelabba Maja juga terdapat batu yang digunakan sebagai altar pemujiaan untuk sang dewa, setiap tahunnya terdapat ritual penyembelihan kurban untuk memohon perlindungan dari dewa Maja.

Karena dipercaya sebagai salah satu tempat yang sakral, para penduduk setempat meminta para pengunjung untuk menjaga sikap seperti dilarang untuk berkata-kata kotor di Kelabba Maja demi kenyaman bersama.

Bukit warna-warni Kelabba Madja di Pulau Sabu, Nusa Tenggara Timur Instagram/riabas187

 

Kalau kamu ingin mengunjungi Kelabba Maja, sepertinya kamu harus bersusah-susah terlebih dahulu, karena akses menuju tempat ini tidak mudah ditambah lagi minimnya infrastruktur.

Kelabba Maja adalah sebuah daerah perbutikan yang terletak di Pulau Sabu, Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua.

Dari Kupang kamu harus menuju Pulau Sabu, setelah itu kamu harus masih berjalan kaki mendaki pada trek yang cukup menanjak selama dua jam.

Namun pemandangan yang ditawarkan oleh Kelabba Maja juga tak kalah indahnya, bukit dengan tebing-tebing yang terukuir indah alami memiliki gradasi warna merah marun, cokelat, pink, putih dan kelabu itu tentunya akan memanjakan mata mu.


Artikel ini telah tayang di Tribuntravel.com dengan judul Kelabba Maja, Bukit Pelangi yang Cantik dan Sakral di Nusa Tenggara Timur, https://travel.tribunnews.com/2018/12/13/kelabba-maja-bukit-pelangi-yang-cantik-dan-sakral-di-nusa-tenggara-timur.
Penulis: Gigih Prayitno
Editor: Ambar Purwaningrum