Festival Teater Seni Budaya dan Bahasa

Festival ini merupakan kegiatan dalam menggali bakat & kreativitas siswa siswi SMA/SMK Se-Kabupaten Sabu Raijua dalam memainkan peran yang diceritakan dalam cerita rakyat. Festival ini berthema “Temukan Sabu Raijuamu“, thema ini menjadikan motivasi dan menginspirasi generasi Sabu Raijua untuk mengangkat kembali nilai budaya yang telah ditanamkan oleh leluhur orang Sabu Raijua ribuan tahun lalu.

Sedangkan Sub-Thema festival ini “Beta Orang Sabu, Ketika Orang Melihat Beta Adalah Sabu Raijua“. Sub Thema Beta orang Sabu, ketika orang melihat beta adalah Sabu Raijua mengajak seluruh masyarakat Sabu Raijua untuk menempatkan nilai-nilai universal yang terkandung dalam seluruh adat dan budaya orang Sabu Raijua sebagai pedoman dalam seluruh kehidupan yang ada. Hal tersebut secara eksplisit mengajak kita semua untuk menempatkan harkat dan martabat sebagai orang Sabu Raijua harus tetap tergambar dalam sikap dan tindakan kita sehari-hari.

Sikap dan tindakan tersebut harus berdasarkan nilai-nilai luhur yang menjadi adat istiadat orang sabu dalam relasi kehidupan sosial. Nilai-nilai gotong royong atau Mira Kadi Hari misalnya harus kita pupuk secara terus menerus kepada anak cucu yang akan datang agar tidak terkikis oleh arus globalisasi dan modernisasi sehingga secara spesifik,semboyang tersebut tetap menjadi penyemangat  orang Sabu Raijua di manapun berada dalam menjalan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Secara implisit subthema tersebut mengajak dan menginspirasi orang Sabu Raijua untuk mempertahankan jati diri sebagai orang Sabu Raijua yang  memiliki daerah ini baik dalam aspek moril,aspek  pendidikan, sosial, budaya dan aspek pembangunan sehingga citra diri tergambar dalam sikap dan tindakan sosial yang berlandaskan nilai-nilai budaya yang luhur yang telah ditanamkan oleh nenek moyang orang Sabu Raijua.

Lokasi dan Waktu Pelaksanaan

Tempat dan waktu Pelaksanaan Kegiatan Lomba Festifal Theater,Seni Budaya dan Bahasa Tingkat Kabupaten Sabu Raijua dilaksanakan di Pasar Nataga Kecamatan Sabu Barat berlangsung dari tanggal 08 sampai dengan 15  Agustus 2017 ( 8 hari kegiatan ).

Peserta Festival

Peserta Festifal Theater Seni Budaya dan Bahasa Tingkat Kabupaten Sabu Raijua terdiri dariSMP, SMA, SMK, Akademis, Sanggar Seni Tari, Pemuda Gereja, Remaja Mesjid, Karang Taruna dan Masyarakat.